Mau Mencoba Keseruan Windows 11? Begini Caranya

Para pengguna lisesni original Windows 10 bersiaplah mendapatkan Windows 11. Pembaruan (update) sistem operasi (OS) terbaru akan dirilis sekitar November-Desember 2020 mendatang.

Sebelum memasang Windows 11, calon pengguna harus mengecek terlebih dahulu apakah spesifikasi komputer atau laptop mereka memenuhi syarat atau tidak. 

Perhatikan spesifikasi komputer

Syaratnya minimal prosesor (CPU) dua inti (dual core) berkecepatan minimum 1 GHz, RAM 4 GB, ruang penyimpanan 64 GB, hingga kehadiran modul keamanan Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Jika sudah tidak sabar tidak ingin menunggu, Anda sekarang sudah bisa upgrade dari Windows 10 ke Windows 11 (versi preview) apabila terdaftar di dalam "Windows Insider Program". Tapi ingat, lisensi Windows Anda harus original.

Ada satu syarat penting yang harus dipenuhi jika komputet akan dipasangi Windows 11, yaitu harus memiliki Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0. 

TPM adalah modul chip dalam sebuah perangkat PC yang bertugas untuk melindungi berbagai data yang tersimpan di dalam komputer atau laptop dengan sistem enkripsi. 

Artinya, apabila perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus membobol sistem TPM terlebih dahulu apabila ingin membajak beragam file yang ada di dalam perangkat tersebut.

Menurut Microsoft, TPM ini diperlukan untuk melindungi komputer atau laptop pengguna dengan sistem keamanan mumpuni berbasis hardware.

"Komputer masa depan membutuhkan teknologi semacam ini untuk melindungi perangkat dari berbagai serangan siber, baik itu skala kecil maupun skala besar," jelas Microsoft, sebagaimana dikutip dari TomsHardware.

Cara cek Trusted Modul Platform di komputer

Laptop atau komputer dengan CPU yang berumur sekitar tiga hingga lima tahun, konon sudah banyak yang dibekali dengan chip tersebut. 

Untuk memastikannya, pengguna bisa memeriksa sendiri apakah perangkat PC mereka dibekali TPM atau tidak. 


Caranya adalah dengan menekan tombol "Windows" dan "R" secara bersamaan pada keyboard, atau mengetikkan kata kunci "Run" di menu Start. Lalu, masukkan perintah "tpm.msc" dan klik tombol "OK".

Setelah itu, akan muncul tampilan aplikasi sistem TPM Management. 

Kemudian, perhatikan baik-baik kolom bertajuk "Status". Apabila kolom tersebut mengatakan "The TPM is ready for use", maka komputer pengguna dipastikan memiliki TPM, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Namun, apabila kolom Status tadi mengatakan "Compatible TPM cannot be found", maka komputer pengguna tidak dibekali dengan TPM atau chip tersebut dinonaktifkan, sehingga Windows 11 tidak akan bisa dipasang.

Gunakan Windows Insider

Windows Insider Program adalah program pengujian untuk mengumpulkan feedback tentang calon versi baru Windows sebelum dirilis ke publik secara luas.

Program ini bisa diikuti oleh pengguna umum dengan cara mengunjungi menu "Windows Insider Program" di pengaturan (Settings) perangkat Windows 10 masing-masing.

Cara mengaksesnya, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "Windows Insider" di menu Start dan pilih pengaturan "Windows Insider Program settings" yang muncul di kolom hasil pencarian, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Lalu, klik tombol "Get started" di jendela Settings yang muncul dan masuk (login) dengan akun Microsoft. 

Setelah berhasil masuk, klik tombol "Confirm" untuk menyetujui aturan dan kebijakan Windows Insider Program dan pilih kanal pengujian OS Windows yang diinginkan.

Pilih kanal di Windows Insider

Ada tiga kanal yang bisa dipilih yaitu Dev. Channel, Beta Channel, dan Release Preview Channel. Perbedaan ketiganya terletak di waktu pembaruan Windows 11 serta bug dan keseimbangan fitur-fiturnya. 

Windows 11 bisa didapatkan dengan bergabung ke Dev. Channel. Namun, perlu dicatat bahwa WIndows 11 ini merupakan versi yang belum sempurna dan kemungkinan masih mengandung bug. 

Berdasarkan ulasan KompasTekno, per 30 Mei 2021 pengguna Beta Channel (kanal yang direkomendasikan) dan Release Preview Channel belum bisa memperbarui Windows 10 ke Windows 11.

Namun, Windows 11 versi Beta dan Release Preview kemungkinannya nanti akan lebih stabil dibanding versi Dev. 

Alternatifnya, pengguna bisa meng-klik tombol "Confirm" dan me-restart komputer atau laptop untuk menyelesaikan proses registrasi.

Memasang Windows 11

Ketika komputer atau laptop sudah menyala, buka kembali pengaturan "Windows Insider Program settings" dan pastikan kanal yang dipilih di kolom "Pick your Insider settings" sudah sesuai dengan pilihan tadi.


Pengguna sendiri bisa berpindah kanal cukup dengan meng-klik kanalnya di kolom tadi dan memilih kanal lain, misalnya dari Beta Channel ke Dev. Channel, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Jika sudah yakin, pilih menu "Windows Update" dan klik tombol "Check for updates" untuk mengetahui apakah ada pembaruan OS Windows 11 atau tidak.

Terakhir, klik tombol "Download dan Install" untuk mengunduh pembaruan dan tunggu sampai proses download selesai. 

Setelah update berhasil dipasang dan komputer atau laptop di-restart, maka perangkat pengguna akan menjalankan Windows 11 melalui Windows Insider Program. 

Belum diketahui kapan pengguna Beta Channel dan Release Preview Channel bakal mendapatkan pembaruan Windows 11 versi masing-masing, namun waktunya kemungkinan tidak akan lama dari perilisan Windows 11 versi Dev. Channel.

0 Response to "Mau Mencoba Keseruan Windows 11? Begini Caranya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel