Inilah 6 Tools Customer Service Terbaik 2021

Tools customer service sangat penting saat pandemi Covid-19 kepedulian perusahaan terhadap complain pelanggan. Kehadiran teknologi saat ini turut serta membawa perubahan bagaimana customer melalukan complaint kepada perusahaan kita.


Maka perusahaan tertentang untuk memiliki customer support software yang reliable dan mampu melayani customer di mana pun dan kapan pun.

Tools Customer Service

Customer service software yang bagus tentunya tak hanya menyediakan call center software saja, namun juga software customer service dapat mengcover semua channel complain customer. Platform multi channel tersebut dikenal dengan istilah omnichannel customer service. Berikut 5 tools customer service terbaik di 2021.

1. Salesforce Service Cloud

Salesforce tak hanya menyediakan sales CRM saja. Ini tersedia layanan cloud yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen. 

Fitur lainnya yang tersedia pada layanan service cloud Salesforce di antaranya adalah chat software yang memungkinkan customer untuk melakukan percakapan secara realtime dengan agent customer service.

Uniknya layanan service cloud dari Salesforce juga memiliki channel untuk social media customer service atau yang dikenal dengan istilah social customer service. 

Sehinga chat yang masuk dari facebook messenger, whatsapp, telegram, hingga line mampu di response secara realtime oleh agent.

2. Zendesk

Zendesk menyandang predikat leader dalam Gartner Magic Quadrant. Zendesk merupakan salah satu sistem desk software, menawarkan berbagai fitur unggulan seperti live chat, knowledge bases, social media customer service, selfservice knowledge base atau help center, dan masih banyak lagi.

Kelebihan Zendesk juga menawarkan OOB integrasi dengan lebih dari 700 aplikasi yang ada di dalam marketplace Zendesk. Hingga saat ini Zendesk telah memiliki client di berbagai bidang tersebar di seluruh dunia dalam meningkatkan customer experiences mereka.

Sebagai penyedia platform CRM Zendesk juga menyediakan chat software, call center hingga fasilitas video conferencing. Inilah yang memungkinkan customer service menghandle complain via video call.

Boleh dikatakan dengan semakin lengkapnya fitur yang disediakan oleh Zendesk menjadikan platform mereka sebagai allinone customer service.

Harnaya, Zendesk menawarkan berbagai kemudahan pembayaran mulai dari pembayaran bulanan atau monthly payment hingga pembayaran tahunan atau billed annually.

3. Sprout Social

Garis besarnya, Sprout Socials adalah platform customer support dengan berbagai fitur pemantauan social media customer dengan menekankan sentiment analisis. 

Selain itu Sprout Social juga menawarkan pemantauan social media, mulai dari engagement customer yang terintegrasi dengan sistem lain seperti hubspot service hub. Ada kekurangan, Sprout social hingga saat ini belum mendukung live chat customer.

Jika Anda mencari platform yang dapat digunakan untuk social media management, Anda patut untuk memperhitungkan sprout social.

4. Survey Monkey

Platform survey monkey memungkinkan penggunakan untuk melakukan survey kepuasan pelanggan. Itu sering kita sebut dengan customer satisfaction surveys. 

Tujuan dari mengetahui customer satisfaction surveys adalah menjamin bahwa pelayanan yang diberikan oleh agent tetap prima.

Survey monkey boleh terbilang salah satu platform customer sukses mengingat keberhasilan dari setiap layanan agent akan dinilai menggunakan platform ini.

Sehingga pada akhirnya mampu meng improve customer satisfaction apabila terdapat kekurangan.

5. Hootsuite

Platform customer service terbaik berikutnya yang patut untuk Anda perhitungkan adalah Hootsuite. 

Hootsuite menyediakan berbagai fasilitas social media customer service. Di antaranya adalah memperkuat engagement dengan customer melalui percakapan interaktif.

Customer interaction tetap terjaga dengan baik. Selain itu Hootsuite juga menyediakan platform yang dapat berfungsi untuk menjadwalkan kapan konten media sosial akan diposting.

Hootsuite belum sekomplit customer service platform lainnya, karena belum memiliki fitur-fitur lain seperti ticketing management, hingga messaging apps.

6. Slack

Slack merupakan tools team collaboration yang memungkinkan kerja sama antar internal sebuah perusahaan.

Software slack ini dapat digunakan untuk project management hingga internal communication tools sehingga koordinasi antar team lebih seimbang. Slack menjadi tools yang patut untuk diperhitungkan mengingat management complain lebih mudah untuk dipantau dan diintegrasikan antar bagian dalah satu screen.

Biasanya penggunaan slack cenderung untuk menangani customer request yang membutuhkan bantuan lintas departemen. 

Misal, customer menanyakan status pembayaran, status pengiriman maupun pertanyaan lain yang sifatnya lebih teknis misal. 

Dengan cara menggunakan Slack hal ini mempermudah team support untuk mempercepat waktu respon karena Slack sendiri mampu diakses dari berbagai platform baik mobile app maupun melalui PC.

Fokus kelebihan setiap software CRM

Salesforce Mengndalkam fitur knowledge base software, live chat software, hingga integrasi dengan computer telephony integration (CTI) yang memungkinkan untuk dial up melalui fitur softphone di Salesforce. 

Zendesk menawarkan berbagai integrasi dengan ticketing direct message Instagram dan facebook channel. Sprout Socials mengedepankan social media management. Di antaranya adalah memperkuat engagement dengan customer. Survey Monkey mengedepankan pantauan improve customer satisfaction.

Hootsuite menyediakan berbagai fasilitas social media customer service. Hootsuite yang belum selengkap customer service platform lainnya, karena belum memiliki fitur-fitur lain seperti ticketing management, hingga messaging apps.

0 Response to "Inilah 6 Tools Customer Service Terbaik 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel