Windows 11 Bisa Dijajal Melalui Browser

Operting System terbaru dari Microsoft, Windows 11 untuk PC sudah berseliweran menggoda penggunanya tidak sabar. Versi finalnya baru akan dirilis secara bertahap mulai akhir tahun 2021, 

Pengguna umum sebenarnya sudah bisa mencoba OS baru ini dengan cara mendaftar dan mengunduh pembaruan Windows 11 versi preview di Windows Insider Program.

Menjajal Windows 11 dengan browser

Bila tak ingin repot-repot mengikuti program itu dan mengunduh file instalasinya, sekarang pengguna juga bisa melihat dan mencobanya langsung antarmuka Windows 11 hanya dengan melalui browser, tanpa perlu download apapun.

Saat dibuka, pengguna akan langsung diantar pada laman web interaktif yang menyajikan antarmuka (UI) Windows 11. Itu persis seperti penampakan Windows 11 yang sudah banyak menyebar.

Windows 11 mirip MacOS

Taskbar dan menu Start yang posisinya sudah di sisi tengah. Itu mirip sekali di antarmuka MacOS. 

Tentu ini hanya berupa laman simulasi terbatas. Pengguna tidak bisa mengakses seluruh fungsi dan fitur yang ada pada Windows 11.

Sebenarnya pengguna masih bisa meng-klik ikon menu start. Kemudian coba lihat tampilan menu Start yang yang baru, kini tak lagi menyertai fitur tiles untuk mengelompokkan aplikasi favorit pengguna dalam satu grup. 

Pada  percobaan Windows 11, menu Start hanya berisi ikon "all apps" untuk melihat seluruh aplikasi, beberapa aplikasi yang disematkan (pin), beberapa aplikasi yang direkomendasikan, serta ikon power.

Pengguna juga bisa membuka dan melihat tampilan baru dari browser Microsoft Edge dan toko aplikasi Microsoft Store. 

Uniknya, pengguna dapat melakukan pencarian secara langsung melalui Bing.com yang ada di Microsoft Edge. 

Pengguna juga bisa menjajal jendela Action Center, kalkulator, kalendar, serta jendela cuaca, waktu, dan berita terkini pilihan, sebagaimana.

Meski terbatas, simulasi pada situs berisi demonstrasi Windows 11 dari Blue Edge ini bisa membantu menghilangkan rasa penasaran. Ini sedikit membantu bagi pengguna yang enggan memasang versi preview melalui Windows Insider Program.

Microsoft memperkenalkan opertaing system Windows 11 pada akhir Juni 2020. Sistem operasi baru ini akan didistribusikan secara resmi pada akhir 2021 mendatang.

Hati-hati beredar Windows 11 palsu

Meski belum resmi dirilis, versi preview Windows 11 sudah bisa dicoba-coba pengguna. Caranya dengan mendaftar dalam Windows Insider Program. 

Masalah lalu muncul, karena ada beberapa pengguna yang bandel mengunduh Windows 11 versi preview dari sumber yang tak resmi. Hal ini pun akhirnya dimanfaatkan oleh penjahat siber untuk mendistribusikan Windows 11 preview palsu yang berisi software berbahaya. 

Setidaknya begitulah yang ditemukan oleh perusahaan keamanan Kaspersky, baru-baru ini. Melalui halaman resminya, Kaspersky melaporkan, Windows 11 preview palsu yang diunduh dari sumber tak resmi turut berisi file executable (.exe) bernama "86307_windows 11 build 21996.1 x64 + activator.exe" berukuran 1,75 GB.

Ketika dijalankan, proses instalasi pun dimulai seperti biasa. Namun setelah itu, file ini akan mengunduh dan menjalankan file executable lainnya.

Di file yang kedua, menurut Kaspersky, pengguna diarahkan untuk menginstal download manager dari Windows 11 preview palsu itu.

Berikutnya, pengguna akan disajikan pemberitahuan lisensi Windows 11. Dalam pemberitahuan tersebut disebutkan bahwa "dowload manager untuk 86307_windows 11 build 21996.1 x64 + aktivator dibundel dengan penawaran tambahan dari sponsor kami". 

Waspada adware dan mallware

Padahal dengan cara begini, pelaku merancang agar perangkat lunak jahat seperti adware dan malware dapat terpasang di komputer pengguna tanpa disadari korbannya. 

Program itu bisa sangat beragam, mulai dari adware yang relatif tidak berbahaya, pencuri kata sandi, Trojan, hingga malware lainnya.

Karena ada beragam malware yang mengintai, Kaspersky menyarankan agar pengguna meng-install Windows 11 dari sumber resmi alias dari program Windows Insider Program saja.

0 Response to "Windows 11 Bisa Dijajal Melalui Browser"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel